FC2ブログ

スポンサーサイト

上記の広告は1ヶ月以上更新のないブログに表示されています。
新しい記事を書く事で広告が消せます。

cerita sutasoma oleh Sugi Ver.2

Pada jaman dahulu kala seorang raja bernama Purusada atau Kalmasapada karena kekuatan samadinya maka dewa Siwa menganugerahkan kekuatan berwujud Rudra. Syahdan pada suatu pesta yang meriah waktu daging persediaan santapan sang prabu hilang habis dimakan anjingdan babi. Lalu si juru masak bingung dan tergesa-gesa mencari daging pengganti, tetapi tidak dapat. Lalu ia pergi ke sebuah pekuburan dan memotong paha seorangmayat dan menyajikannya kepada sang raja. Sang raja sungguh senang karena merasa sangat sedap masakannya, karena beliau memang reinkarnasi raksasa. Kemudian beliau bertanya kepada sang juru masak, tadi daging apa. Karena si juru masak diancam, maka iapun mengaku bahwa tadi itu adalah daging manusia. Semenjak saat itu beliaupun gemar makan daging manusia. Secara perlahan wujud sang Raja pun berubah menjadi raksasa dan sifat kemanusiaannyapun perlahan juga menghilang.Rakyatnyapun sudah habis semua; baik dimakan maupun melarikan diri. Lalu sang raja mendapat luka di kakinya yang tak bisa sembuh lagi dan iapun menjadi raksasa dan tinggal di hutan.
Sang raja pun berniat akan mempersembahkan 100 raja kepada batara Kala jika beliau bisa sembuh dari penyakitnya ini. Dewa Kala pun mendengarnya dan mengabulkan permintaannya. Keadaanpun makin resah.
Sang Sutasoma, yang menguasai berbagai mantra diminta oleh para pendeta untuk membunuh raja ini tetapi ia tidak mau, sampai-sampai dewi Pretiwi keluar dan memohonnya. Tetapi tetap saja ia tidak mau, ingin bertapa saja.Hingga pada suatu hari dia bertapa di Setra Ganda Mayu dan oleh Dewi Durga dikaruniai Mantra Mahahrdayadharani.
Maka berjalanlah ia lagi menuju Gunung Semeru dan bertemu dua orang bertapa Sumitra dan Kesawa. Di tengah jalan syahdan ia berjumpa dengan seorang raksasa ganas berkepala gajah yang memangsa manusia, Gajah Watra. Sang Sutasoma hendak dijadikan mangsanya. Tetapi ia melawan dan si raksasa terjatuh di tanah, tertimpa Sutasoma. Terasa seakan-akan tertimpa gunung. Si raksasa menyerah dan ia mendapat khotbah dari Sutasoma tentang agama Buddha bahwa orang tidak boleh membunuh sesama makhluk hidup. Lalu si raksasa menjadi muridnya.
Lalu sang pangeran berjalan lagi dan bertemu dengan seekor naga. Naga ini lalu dikalahkannya dan menjadi muridnya pula.
Maka akhirnya sang pangeran menjumpai seekor harimau betina yang lapar. Harimau ini memangsa anaknya sendiri. Tetapi hal ini dicegah oleh sang Sutasoma dan diberinya alasan-alasan. Tetapi sang harimau tetap saja bersikeras. Akhirnya Sutasoma menawarkan dirinya saja untuk dimakan. Lalu iapun diterkamnya dan dihisap darahnya. Sungguh segar dan nikmat rasanya. Tetapi setelah itu si harimau betina sadar akan perbuatan buruknya dan iapun menangis, menyesal. Lalu datanglah batara Indra dan Sutasoma dihidupkan lagi. Lalu harimaupun menjadi pengikutnya pula. Maka berjalanlah mereka lagi. Dia terus menuju puncak gunung Semeru dan bertapa. Ketika menjalani pertapaannya oleh bidadari Tilottama dan Sukirana utusan Dewa indra berusaha mengganggunya. Tetapi Sutasoma tidak bergeming. Akhirnya Dewa Indra sendiri turun dan merubah wujud menjadi Dewi Mahahoni menganggu tapa Sutasoma. Sutasoma lenyap setiap Dewi mahahoni akan menyentuhnya.
Dewi Mhahoni terus mengejar Sutasoma hingga pd akhirnya menyentuh telapak kaki Sutasoma dan dia pun berubah wujud menjadi Wairocana sdg duduk diatas bunga teratai. Dewa Indra menyampai maksud dan tujuan Sang Budha ke dunia sbg penyelamat dunia
Di sisi lain Hatta tatkala itu, sedang berperanglah sang Kalmasapada melawan raja Dasabahu, masih sepupu Sutasoma. Secara tidak sengaja ia menjumpai Sutasoma dan diajaknya pulang, ia akan dikawinkan dengan anaknya. Lalu dia pun menikah dan pulang ke Hastina. Ia mempunyai anak dan dinobatkan menjadi prabu Sutasoma.
Maka diceritakanlah lagi sang Purusada. Ia sudah mengumpulkan 100 raja untuk dipersembahkan kepada batara Kala, tetapi batara Kala tidak mau memakan mereka. Ia ingin menyantap prabu Sutasoma. Lalu Purusada memeranginya dan karena Sutasoma tidak melawan, maka beliau berhasil ditangkap.
Setelah itu beliau dipersembahkan kepada batara Kala. Sutasoma bersedia dimakan asal ke 100 raja itu semua dilepaskan. Purusada menjadi terharu mendengarkannya dan iapun bertobat. Semua raja dilepaskan.

コメントの投稿

非公開コメント

Language

プロフィール

Project  Wayang-Beber

Author:Project Wayang-Beber
バリ島伝統絵画家dewasugiによって描かれた、全長30m​の物語絵巻を基に、バリ伝統音楽や語りや踊りをはじめ、様々な芸術とのコラボレーション公演を行う楽団です。公演情報や作者デワスギの情報などの記録です。

カテゴリ
アクセスカウンター
アクセスカウンター
テレクラライブチャットミントCラバーズアゲイン
リンク
QRコード
QR
上記広告は1ヶ月以上更新のないブログに表示されています。新しい記事を書くことで広告を消せます。
?