FC2ブログ

スポンサーサイト

上記の広告は1ヶ月以上更新のないブログに表示されています。
新しい記事を書く事で広告が消せます。

デワスギによるスタソマ原作①

絵巻物作家デワスギが、講談師・旭堂南湖さんの脚本作りの参考のため、
そして、作者本人が語り伝えにより解釈したスタソマを、
本人の言葉で残そうと、インドネシア語で、絵巻物スタソマの原作ともいえる文章を作りました。
以下。

その1

( 1 ) Ada Sebuah kerajaan besar bernam Hastina Pura. Nama rajanya Mahaketu. Raja mahaketu tdk punya keturunan (anak). Beliau bertapa di hadapan Bhuda mohon petunjuk. Pd malam hari permaisuri raja bermimpi di datangi Gajah putih. Raja maha ketu menanyakan arti impi permaisuri pd para wiku, pendeka istana. Arti mimpi permaisuri bahwa akan lahir seorang anak reinkarnasi Bhuda. Tapi anak itu akan menjadi pertapa bukan sbg raja. Raja Hahaketu sgt sedih mengetahui prihal anaknya nanti. Maka lahirlah seorang anak laki2 bagaikan sinar bayangan bulan diatas danau, dikelilingi berwarna-warni bunga tunjung kembar.
Kelahiran anak itu di barengi dengan keajaiban pd situasi kerajaan. Berbagai jenis penyakit hilang. Rakyat yg lumpuh sembuh seperti normal begitu juga yg tuli, anak itu di beri nama Sutasoma yg berarti Sinar Bulan. Sutasoma masih anak usia belia sudah menguasai sastra-sartra kitab suci. Tahun ke tahun Sutasoma sudah Remaja sgt2 tampan, para gadis istana berlomba- bias dapat melihat. Karena usia Sutasoma sudah cukup, Raja Mahaketu (ayah) mengangkat sebagai putra Mahkota kerajaan. Sutasoma menolak keinginan sang Raja dgn alasan terlalu muda masih perlu belajar banyak pd wiku2 dan pendeta2 di luar kerajaan. Nanti sdh cukup umur dan ilmu, Siap mengikuti kehendak Raja menjadi Putra Mahkota.
Teringat dengan ramalan lahirnya Sutasoma raja Mahaketu membuat rencana. Semua wiku dan pendeta yg ada di wilayah kerajaan dipanggil ke istana utk mengajar sesuai dgn keinginan Sutasoma. penjagaan ditingkatkan diperketat di segala sudut kerajaan. Tapi bagaimanapun rencana Raja Mahaketu Sutasoma bias keluar sesuai dgn Ramalan dirinya sbg pertapa. Seluruh penghuni istana kerajaan bersedih berduka setelah tahu Putra Raja Sutasoma telah meninggalkan Istana tanpa pamit.
Perjalan Sutasoma sampai pd wilayah kuburan desa dipinggir hutan/pegunungan. Di dalam areal kuburan ada bangunan tua di sana Sutasoma beristirahat dan ketiduran dengan sikap yoga sampai tengah malam belum bangun. Areal kuburan itu ada penguasa, Dewi Durga sang penguasa malam. Dewi Durga terkejut melihat ada seorang Manusia berani berdiam diri di areal pekuburan ini seorang diri. Dewi Durga merasa terganggu dan marah dari matanya keluar api membakar Sutasoma. Sutasoma terbagun mendengar gemuruh api yg sgt besat panas. Sutasoma tdk tersentuh oleh kobaran Api dari Dewi Duraga. Dewi Durga memperhatikan dgn seksama siapa pemuda ini bisa lupt dari Api kemrahan Dewi Durga. Di ketahuilah oleh Dwi Durga pemuda ini tidak lain dari Sang Bhuda itu sendiri. Dewi Durga menanyakan keman tujuan dan bagaimana bias sampai ke tempat kediaman Dewi Durga ini. Sutasoma mengambil sikap hormat kepada Ibu penguasa segala kejahatan. Menerangkan tujuan menuju puncak Gunung Semeru gunung

コメントの投稿

非公開コメント

Language

プロフィール

Project  Wayang-Beber

Author:Project Wayang-Beber
バリ島伝統絵画家dewasugiによって描かれた、全長30m​の物語絵巻を基に、バリ伝統音楽や語りや踊りをはじめ、様々な芸術とのコラボレーション公演を行う楽団です。公演情報や作者デワスギの情報などの記録です。

カテゴリ
アクセスカウンター
アクセスカウンター
テレクラライブチャットミントCラバーズアゲイン
リンク
QRコード
QR
上記広告は1ヶ月以上更新のないブログに表示されています。新しい記事を書くことで広告を消せます。
?